Prakata Bagi 20 Topik Ini

Dewasa ini, tidak sedikit dari kita yang mengandalkan World Wide Web untuk memperoleh informasi dalam sekejap. WWW juga menghubungkan kita dengan berbagai orang atau

peristiwa di seluruh dunia dalam hitungan detik. Pengalaman daring luar biasa ini dapat terwujud berkat adanya web terbuka yang dapat diakses oleh siapa saja melalui peramban web di perangkat



manapun asal tersambung ke Internet.

Namun seperti apa cara kerja peramban dan web? Bagaimana World Wide Web berevolusi menjadi apa yang kita kenal dan cintai seperti sekarang? Dan apa yang perlu kita ketahui agar dapat menavigasi web dengan aman nan efisien?

“20 Topik Penting Seputar Peramban dan Web” adalah panduan singkat bagi siapa saja yang ingin mengetahui dasar-dasar peramban dan web. Berikut ini hal-hal yang akan Anda temukan di sini:

Pertama, kita akan membedah Internet, tulang punggung hadirnya web. Kita juga akan melihat bagaimana penggunaan web saat ini, melalui komputasi awan dan aplikasi web.

Kemudian, kami akan memperkenalkan elemen dasar dari laman web seperti HTML dan JavaScript dan meninjau bagaimana penciptaan dan evolusi kedua elemen tersebut telah mengubah situs web yang Anda kunjungi setiap hari. Kita juga akan melihat peramban modern dan bagaimana peramban semacam ini membantu pengguna menjelajah web dengan lebih aman.

Terakhir, kita akan menerawang inovasi menarik pada teknologi web dan peramban yang diyakini akan memberikan kita semua pengalaman daring yang bahkan lebih cepat dan lebih interaktif di masa yang akan datang.



Hidup kita sebagai penghuni web memang mendatangkan kebebasan dan kekuasaan, tetapi jangan lupa, kita juga wajib mengedukasi diri secara mandiri. Seperti halnya hidup kita sebagai warga lingkungan, informasi penting seputar tempat tinggal wajib dipahami -- apakah air tanah tempat Anda tinggal layak dikonsumsi, layanan umum apa yang tersedia, puskesmas terdekat ada di mana -- begitu pula pentingnya Anda memahami kumpulan informasi serupa tentang kehidupan daring kita. Dengan semangat itulah kami menulis panduan ini. Banyak contoh yang digunakan untuk menggambarkan fitur dan fungsi peramban sering merujuk pada Chrome, peramban sumber terbuka yang kami kenal baik. Kami berharap Anda merasa senang membaca panduan ini, sama seperti perasaan kami sewaktu membuatnya.

Selamat menikmati!

Tim Google Chrome, dengan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Christoph Niemann atas ilustrasinya

November 2010

Internet itu apa sih?

Lu bilang bajigur, Gue bilang TCP/IP

Sebenarnya Internet itu apa sih? Ada yang bilang Internet itu tempat ngobrol dengan teman, sumber berita, tempat belanja, dan main game. Bagi yang lainnya, Internet bisa berarti siapa penyedia layanan pita lebar di daerah mereka atau kabel bawah tanah maupun serat

optik yang membawa data bolak-balik melintasi pelbagai kota dan samudra. Mana yang benar?

Mari kita kembali ke Awal Mula: 1974. Tahun ketika beberapa peneliti komputer nan cerdas mencetuskan sesuatu yang disebut Internet Protocol Suite atau Kumpulan Protokol



Internet, singkatnya TCP/IP. Inilah asal-muasal serangkaian aturan yang memungkinkan komputer “berbicara” dengan komputer lain dan mengirimkan data bolak-balik.

TCP/IP sedikit mirip dengan komunikasi manusia: saat kita berbicara satu sama lain, aturan tata bahasa menetapkan struktur bahasa dan memastikan bahwa kita dapat saling memahami dan bertukar gagasan. Serupa dengan itu, TCP/IP menetapkan aturan komunikasi yang memastikan perangkat yang terhubung memahami satu sama lain sehingga perangkat-perangkat tersebut dapat saling bertukar informasi. Seiring dengan berkembangnya sekumpulan perangkat yang saling terhubung dari sekedar satu ruangan menjadi beberapa ruangan — dan kemudian menjadi beberapa gedung, lalu beberapa kota, bahkan negara — Internet pun lahir.

Pencetus Internet menemukan bahwa data dan informasi dapat dikirim secara lebih efisien bila dipecah menjadi serpihan yang lebih kecil, dikirim secara terpisah, dan nantinya disatukan kembali. Serpihan tersebut disebut paket. Jadi bila Anda mengirim email di Internet, pesan email lengkap Anda dipecah menjadi beberapa paket, dikirim kepada penerima, dan disatukan kembali. Hal yang sama terjadi sewaktu Anda menonton video di situs web seperti YouTube: berkas video dikelompokkan menjadi paket data yang dapat dikirim dari beberapa server YouTube di seluruh dunia dan disatukan kembali untuk membentuk video yang Anda tonton melalui peramban.



Bagaimana dengan kecepatan? Jika lalu lintas di Internet diumpamakan seperti aliran air, pita lebar Internet sama seperti banyaknya air yang mengalir melalui pipa per detik. Jadi apabila Anda mendengar para insinyur membicarakan pita lebar, yang sebenarnya dibicarakan adalah jumlah data yang dapat dikirim melalui sambungan Internet setiap detik. Ini adalah indikasi dari seberapa cepat sambungan Internet Anda. Sambungan yang lebih cepat kini tidak lagi mustahil sehubungan dengan sudah adanya infrastruktur fisik yang lebih baik (seperti kabel serat optik--yang dapat mengirim informasi mendekati kecepatan cahaya), serta cara yang lebih baik untuk menyandiaksarakan informasi ke media fisik itu sendiri, bahkan pada media yang lebih lawas seperti kabel tembaga.

Internet adalah sistem yang mencengangkan sekaligus sangat teknis, namun bagi kebanyakan orang, Internet adalah dunia yang bersahabat dengan mereka. Tak pelak, kita mungkin tidak pernah membayangkan kabel apalagi persamaan yang menyusun sistem ini. Internet juga merupakan tulang punggung yang memungkinkan keberadaan World Wide Web yang kita kenal dan cintai: dengan sambungan Internet, kita dapat mengakses dunia laman dan aplikasi web yang saling tertaut nan terbuka dan terus tumbuh. Sebenarnya, mungkin jumlah laman di web saat ini sebanyak neuron di otak Anda atau sebanyak bintang di Galaksi Bima Sakti!

Di dua bab berikutnya, kita akan melihat bagaimana web digunakan saat ini melalui komputasi awan dan aplikasi web.

Komputasi Awan

Laptop kelindas truk? Tenang Aja!

Komputasi modern di era Internet dipandang sebagai hal yang cukup aneh pun luar biasa. Saat Anda terbungkuk-bungkuk di depan laptop, entah melihat video di YouTube atau melakukan penelusuran, Anda sebenarnya sedang menancapkan diri ke sumberdaya kolektif pelbagai komputer--berlokasi di seluruh penjuru dunia--untuk menghadirkan semua informasi ini kepada Anda dari ruangan yang amat jauh. Seperti punya komputer super yang amat besar dalam genggaman Anda, berkat adanya Internet.

Fenomena ini biasa kita kenal dengan sebutan komputasi awan. Kini kita bisa membaca berita, mendengar musik, berbelanja, menonton TV, dan menyimpan berkas kita di web. Beberapa dari kita tinggal di kota yang setiap museum, bank, dan kantor pemerintah terdekat memiliki situs web. Ujung-ujungnya lebih sedikit waktu yang dihabiskan di telepon, karena situs-situs web tersebut memungkinkan kita melakukan berbagai hal seperti membayar



tagihan dan melakukan pemesanan. Menggeser hal rutin seperti ini ke dunia maya memungkinkan kita untuk menikmati waktu di dunia nyata.

Komputasi awan juga menawarkan keuntungan lain. Beberapa waktu yang lalu, beberapa dari kita khawatir akan kehilangan dokumen, foto, dan berkas jika terjadi sesuatu yang buruk pada komputer kita, seperti terjangkit virus atau perangkat keras berhenti berfungsi. Kini, data kita bermigrasi jauh melewati batas komputer pribadi. Alih-alih, kita memindahkan data ke “awan” secara daring. Jika Anda menyimpan berkas penting atau foto kenangan secara daring, menggunakan layanan email berbasis web seperti Gmail atau Yahoo!Mail, truk tronton bisa saja melindas komputer Anda dan semua data Anda akan tetap tersimpan dengan aman di web. Data ini dapat diakses dari komputer apapun yang tersambung ke Internet, di manapun dari seluruh dunia.

Aplikasi Web

Hidup sudah, Bebas sudah, Apa lagi?

Jika Anda memainkan game daring, menggunakan editor foto daring, atau mengandalkan layanan berbasis web seperti Google Maps, Twitter, Amazon, YouTube, atau Facebook, maka Anda merupakan penghuni aktif di dunia aplikasi web yang mengagumkan.

Apakah sebenarnya apl. web itu? Dan kenapa kita wajib tahu?



Apl. merupakan singkatan dari aplikasi. Aplikasi juga disebut sebagai program atau perangkat lunak. Dahulu kala, aplikasi dirancang untuk melakukan tugas yang luas dan intensif seperti penghitungan atau pemrosesan kata. Di dunia daring, seperti pada peramban web dan telepon pintar, aplikasi biasanya merupakan program tangkas yang berfokus pada satu tugas. Biasa disebut aplikasi web, program ini menjalankan tugas tersebut di dalam peramban web dan sering kali menyediakan fitur kaya dan interaktif.

Google Maps merupakan contoh bagus untuk mendeskripsikan aplikasi web. Aplikasi ini berfokus pada satu tugas: menyediakan fitur peta yang bermanfaat di peramban web. Antara lain, Anda dapat menyusuri dan memperbesar/memperkecil sekeliling peta, menelusuri universitas atau kafe, dan mendapatkan petunjuk arah. Semua informasi

yang dibutuhkan terpasang secara dinamis di aplikasi web setiap kali diminta. Ini membawa kita ke empat manfaat Aplikasi Web:

1. Saya dapat mengakses data dari mana saja.

Pada masa-masa awal aplikasi desktop, data biasanya disimpan di diska keras komputer. Jika saya sedang berlibur dan meninggalkan komputer di rumah, saya tidak dapat mengakses email, foto, dan data apapun saat dibutuhkan. Di era baru aplikasi web, email dan semua data saya disimpan secara daring di web. Saya bisa menjangkaunya di peramban web dari komputer manapun yang tersambung ke Internet.

2. Saya selalu mendapatkan versi terbaru dari setiap aplikasi.

YouTube versi mana yang saya gunakan sekarang? Bagaimana dengan besok?



Jawabannya: Selalu yang terbaru. Aplikasi web melakukan pembaruan secara otomatis, jadi selalu hanya ada satu versi: versi terbaru dengan semua fitur dan penyempurnaan terbaru. Tidak perlu repot meningkatkan versi secara manual ke versi baru setiap kali ada pemutakhiran. Dan saya tidak perlu melalui proses pemasangan yang lama untuk menggunakan aplikasi web.

3. Aplikasi ini berjalan di semua perangkat yang dilengkapi peramban web.

Menuruti pakem komputasi tradisional, beberapa program hanya berjalan di sistem atau perangkat tertentu. Misalnya, banyak program yang dibuat untuk PC tidak akan berjalan di Mac. Pengupayaan agar semua perangkat lunak tetap mutakhir memakan waktu lama dan menguras biaya. Sebaliknya, web adalah platform terbuka. Siapa saja dapat menjangkaunya dari peramban di perangkat

manapun yang tersambung ke web, baik itu komputer desktop, laptop, atau telepon seluler. Itu artinya, saya tetap bisa menggunakan aplikasi web favorit, bahkan ketika saya meminjam laptop teman atau nongkrong di warnet.

4. Lebih aman.

Aplikasi web berjalan di peramban dan saya tidak pernah harus mengunduhnya ke komputer. Karena pemisahan antara kode aplikasi dan kode komputer ini, aplikasi web tidak dapat mengganggu tugas lainnya di komputer atau kinerja mesin secara keseluruhan. Ini berarti bahwa saya lebih terlindung dari ancaman seperti virus, perangkat lunak jahat, dan spyware.

HTML, JavaScript, CSS, dan masih banyak lagi

Bukan AJAX Amsterdam ya

Laman web ditulis dalam HTML, bahasa pemrograman web yang memberitahukan peramban web bagaimana menyusun dan menyajikan konten di laman web. Dengan kata lain, HTML adalah pondasi web. Dan lama sekali pondasi tersebut tetap sederhana dan tidak berubah: baris teks, tautan, dan gambar.

Sekarang, kita sudah terbiasa memainkan catur daring atau menggulir sekeliling peta lingkungan kita dengan mulus, tanpa harus menunggu seluruh laman dimuat ulang untuk setiap gerakan catur ataupun setiap guliran peta.



Gagasan laman web dinamis tersebut dimulai dengan penemuan bahasa skrip JavaScript. Dukungan JavaScript di peramban web mayoritas berdampak positif, laman web akhirnya dapat menyertakan interaksi seketika yang lebih bermakna. Misalnya, jika Anda telah mengisi formulir daring dan menekan tombol “Kirim”, laman web dapat menggunakan JavaScript untuk memeriksa apa yang Anda masukkan saat itu juga dan segera memberi peringatan kepada Anda jika Anda salah dalam mengisi formulir.

Tetapi web dinamis yang kita kenal sekarang terwujud tatkala XMLHttpRequest (XHR) diikutkan dalam JavaScript dan mulai diterapkan di aplikasi web seperti Microsoft Outlook untuk Web, Gmail, dan Google Maps. XHR memungkinkan komponen individual pada laman web — game, peta, video, survei — diubah tanpa harus memuat ulang seluruh laman. Hasilnya, aplikasi web menjadi lebih cepat dan lebih responsif.



Laman web juga menjadi lebih ekspresif dengan diperkenalkannya CSS (Cascading Style Sheets). CSS memberikan cara yang mudah dan efisien bagi pemrogram untuk menentukan tata letak laman web dan mempercantik laman dengan elemen desain seperti warna, sudut bulat, gradien, dan animasi.

Pemrogram web sering menyebut kombinasi paten dari JavaScript, XHR, CSS, dan beberapa teknologi web lainnya ini sebagai AJAX (XML dan JavaScript Asinkron). HTML juga terus berkembang seiring dengan banyaknya fitur dan peningkatan yang dimasukkan ke dalam standar HTML versi baru.

Web masa kini telah berevolusi berkat upaya berkelanjutan dari semua pakar teknologi, pemikir, pembuat kode, dan organisasi yang menciptakan teknologi web tersebut dan mereka juga yang memastikan bahwa teknologi tersebut didukung dalam peramban web seperti Internet Explorer, Firefox, Safari, dan Google Chrome. Interaksi antara teknologi web dan peramban ini telah menjadikan web sebuah platform konstruksi yang terbuka dan bersahabat bagi pengembang web, yang menghidupkan berbagai aplikasi web yang berguna dan menyenangkan yang Anda gunakan setiap hari.

HTML5

Pada mulanya tidak ada <video>

HTML diperkenalkan lebih dari dua dekade lalu, akan tetapi sampai kini kami tetap bertanya-tanya tentang apakah web dan akan menjadi apa dia nantinya. Jenis fitur dan aplikasi apa yang menurut kami, sebagai pengguna, menyenangkan, berguna, atau bahkan sangat penting? Alat apa yang dibutuhkan pengembang untuk membuat situs dan aplikasi terbaik? Pamungkasnya, bagaimana semua kebaikan ini dapat disajikan dalam peramban web?

Pertanyaan tersebut melahirkan evolusi HTML versi terbaru yang dikenal sebagai HTML5, sekumpulan kemampuan yang memungkinkan perancang dan pengembang web membuat aplikasi daring terbaik generasi berikutnya. Sebagai contoh, mari kita lihat tag <video>



di HTML5. Video bukanlah bagian utama (atau kasarnya, anak bawang) dari web terdahulu; alih-alih, pengguna internet memasang perangkat lunak tambahan--yang disebut pengaya--untuk menonton video di peramban web mereka. Dalam waktu singkat, terlihat bahwa akses mudah ke video merupakan fitur yang banyak dicari di web. Pengenalan tag <video> di HTML5 memungkinkan video menjadi lebih mudah disematkan dan diputar di laman web tanpa perangkat lunak tambahan.

Fitur menarik lainnya di HTML5 mencakup kemampuan luring yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan aplikasi web meskipun mereka tidak memiliki koneksi internet, serta kemampuan tarik-turun. Di Gmail, misalnya, tarik-turun yang mudah memungkinkan pengguna untuk melampirkan berkas dengan cepat ke pesan email hanya

dengan menarik berkas dari komputer desktop pengguna ke dalam jendela peramban.

HTML5, layaknya web itu sendiri, terus mengalami perkembangan, berdasarkan kebutuhan pengguna dan imajinasi pengembang. Sebagai standar terbuka, HTML5 mencakupkan beberapa aspek web terbaik: HTML5 bekerja di manapun dan pada perangkat apapun dengan peramban modern. Tetapi sama seperti Anda hanya dapat menonton siaran HDTV di televisi yang kompatibel dengan HD, Anda harus menggunakan peramban terbaru yang kompatibel dengan HTML5 agar dapat menikmati situs dan aplikasi yang memanfaatkan fitur HTML5. Untungnya, sebagai pengguna Internet, Anda memiliki banyak pilihan dalam hal peramban web — dan berbeda dengan TV, peramban web dapat diunduh secara gratis.

3D dalam Peramban

Dunia maya jadi lebih nyata

Grafik dan animasi 3D dapat begitu memikat tatkala semua detail yang tepat berada di susunan yang pas, yaitu pencahayaan dan bayangan, pantulan, dan tekstur realistis. Namun hingga kini, sulit sekali membawa pengalaman 3D yang mencengangkan, apalagi melalui Internet.

Mengapa? Pada umumnya karena membuat fitur 3D di game atau aplikasi lainnya membutuhkan data—data yang sangat banyak—untuk menampilkan tekstur dan bentuk yang rumit. Di masa lalu, data dalam jumlah besar tersebut menuntut lebar pita Internet dan kekuatan komputasi yang tidak sedikit, sehingga



tak heran bila sebagian besar sistem umum yang ada belum kuat menanggung beban tersebut. Semua itu akhirnya telah berbalik arah baru-baru ini: 3D berbasis peramban telah hadir.

Pita lebar modern mencukupi kebutuhan pita lebar. Banyak rumah dan kantor kini memiliki kecepatan pita lebar yang mengerdilkan sambungan internet sepuluh tahun yang lalu. Hasilnya, pengiriman data dalam jumlah besar dapat dilakukan melalui Internet—data yang dibutuhkan untuk menampilkan pengalaman 3D yang realistis di peramban. Selain itu, komputer yang kita gunakan saat ini lebih bertenaga dibandingkan komputer yang kita miliki di masa lalu: prosesor dan memori telah ditingkatkan sedemikian rupa sehingga bahkan laptop atau komputer desktop standar masa kini dapat menangani kerumitan grafik 3D.

Baik kekuatan pita lebar atau komputasi semata bukanlah apa-apa tanpa kemajuan penting dalam kemampuan peramban web. Banyak peramban modern telah menerapkan teknologi web terbuka seperti WebGL dan 3D CSS. Dengan teknologi tersebut, pengembang web dapat membuat efek 3D yang menarik dan kita dapat merasakannya tanpa pengaya tambahan. Terlebih lagi, banyak peramban modern kini memanfaatkan teknik yang dikenal sebagai akselerasi perangkat keras. Hal ini berarti bahwa peramban dapat menggunakan Unit Pemrosesan Grafik atau GPU untuk mempercepat komputasi yang dibutuhkan untuk menampilkan konten web biasa 2D dan 3D.



Jadi mengapa 3D pada peramban merupakan hal penting? Karena kini 3D bergabung dengan HTML5, JavaScript, dan teknologi baru terbaik lainnya menjadi salah satu perangkat yang dapat digunakan pengembang web untuk membuat aplikasi web generasi baru yang canggih. Bagi pengguna, ini berarti cara baru untuk memvisualisasikan informasi yang kita rasa berguna dan lebih Internet akan lebih menyenangkan dengan hadirnya lingkungan dan game 3D yang menarik.

Yang terpenting, 3D pada peramban hadir lengkap dengan semua keunggulan aplikasi web: Anda dapat berbagi, berkolaborasi, dan mengubahsuai aplikasi terbaru bersama teman-teman dari seluruh dunia. Pasti akan ada lebih banyak data dan kesenangan yang dapat dimanfaatkan semua orang.

Dilema Peramban

Peramban lama vs. modern

Peramban lama penggerutu dan peramban modern mustahil berdampingan;Yang modern lebih cepat, kaya fitur, pun lebih amanYang lama lambat, dan bahayanya lagiSerangan jahat tak bisa dia hindari.(Mohon maaf kepada Shakespeare)



Kebanyakan dari kita belum sadar seberapa bahaya dampak negatif dari memakai peramban lawas nan kedaluwarsa terhadap kehidupan daring, khususnya keamanan di dunia maya. Tentunya Anda tidak akan mengendarai mobil rongsokan terus-terusan, bukan? Bannya sudah gundul, remnya blong, mesinnya sering ngadat, yang ada malah celaka. Risiko yang sama juga berlaku apabila Anda tetap mengandalkan peramban web dari zaman kuda gigit besi untuk membuka web maupun mengakses aplikasi setiap hari.

Meningkatkan versi peramban ke yang lebih modern — seperti Mozilla Firefox, Apple Safari, Microsoft Internet Explorer, Opera, atau Google Chrome versi terbaru — penting dilakukan karena tiga alasan berikut:

Pertama, peramban lama rentan diserang, karena peramban tersebut biasanya tidak dimutakhirkan dengan perbaikan dan fitur keamanan terbaru. Kerentanan peramban dapat menyebabkan sandi dicuri, perangkat lunak berbahaya menerobos komputer Anda, atau risiko lain yang lebih buruk. Peramban terbaru biasanya lebih mampu melindungi dari ancaman keamanan seperti phishing dan perangkat lunak jahat.

Kedua, web berevolusi dengan cepat. Banyak fitur terbaru pada situs web dan aplikasi web masa kini tidak akan berfungsi di peramban lama. Hanya peramban terbaru yang memiliki penyempurnaan kecepatan yang memungkinkan Anda menjalankan laman web dan aplikasi dengan cepat, bersama dengan dukungan untuk teknologi web modern seperti HTML5, CSS3, dan JavaScript cepat.

Ketiga dan terakhir, peramban lama memperlambat inovasi di web. Jika banyak pengguna Internet masih setia pada peramban lama, pengembang web dipaksa untuk merancang situs web yang berjalan di teknologi lama sekaligus baru. Mengingat terbatasnya waktu dan sumber daya, mereka akhirnya mengembangkan aplikasi yang biasa-biasa aja — alih-alih membuat aplikasi web generasi berikutnya yang inovatif dan berguna. (Bayangkan jika perancang lampu lalu lintas dewasa ini diharuskan untuk merancang lampu yang juga berlaku untuk delman!) Itulah alasannya mengapa peramban yang telah kedaluwarsa tidak baik bagi pengguna secara keseluruhan dan berdampak buruk bagi inovasi di web.



Tak ada yang menyalahkan Anda karena tetap setia pada peramban lama. Tak pelak, ada kemungkinan Anda memang tidak diperbolehkan meningkatkan versi peramban. Jika Anda tidak dapat meningkatkan versi peramban di komputer perusahaan dengan alasan tertentu, bicarakanlah dengan administrator TI Anda. Jika Anda tetap tidak diperbolehkan meningkatkan versi lama Internet Explorer, gunakan pengaya Google Chrome Frame. Pengaya ini dapat menghadirkan manfaat dari beberapa fungsi aplikasi web modern dengan membawa kemampuan Google Chrome ke Internet Explorer.

Peramban lama dan kedaluwarsa tidak baik bagi kita sebagai pengguna, dan peramban tersebut menghambat inovasi di seluruh web. Jadi luangkan waktu sejenak untuk memastikan bahwa Anda telah meningkatkan versi peramban modern favorit Anda ke versi terbaru.

Untuk mengecek peramban apa yang sedang Anda gunakan, kunjungi www.whatbrowser.org.

Pengaya

Ekstra jamur dan bawang, ya

Saat World Wide Web (WWW) masih bayi, HTML versi pertama tidak dapat menayangkan konten bermutu tinggi seperti video. Hanya ada teks, gambar, dan tautan.

Pengaya diciptakan untuk mengatasi keterbatasan pada HTML awal dan menayangkan

konten yang lebih interaktif. Pengaya adalah bagian tambahan pada perangkat lunak yang dikhususkan dalam memproses jenis konten tertentu. Misalnya, pengguna dapat mengunduh dan memasang pengaya seperti Adobe Flash Player untuk melihat laman web yang berisi



video atau game interaktif.

Seberapa sering pengaya berinteraksi dengan peramban? Anehnya, hampir tidak sama sekali. Model pengaya lebih menyerupai gambar di dalam gambar di TV: peramban menentukan ruang terpisah di laman web untuk pengaya, kemudian menyingkir. Pengaya bebas berkeliaran dalam ruang tersebut, terpisah dari peramban.

Kemandirian ini berarti bahwa pengaya tertentu dapat berjalan di berbagai peramban yang berbeda. Namun, keberadaannya di berbagai tempat sekaligus menjadikan pengaya sebagai target utama serangan keamanan peramban. Komputer Anda bahkan semakin rentan terhadap serangan keamanan jika Anda menjalankan pengaya yang telah kedaluwarsa, karena pengaya lawas tidak berisi perbaikan keamanan terbaru.

Model pengaya yang kita gunakan saat ini sebagian besar diwarisi dari masa-masa awal web. Namun komunitas web kini mencari cara-cara baru untuk memperbarui pengaya — seperti cara cerdas untuk mengintegrasikan pengaya menjadi lebih mulus sehingga kontennya dapat ditelusuri, dapat ditautkan, dan dapat berinteraksi dengan seluruh laman web. Lebih penting lagi, beberapa vendor peramban dan penyedia pengaya kini bekerja sama untuk melindungi pengguna dari risiko keamanan. Misalnya, tim Google Chrome dan Adobe Flash Player telah bekerja sama untuk mengintegrasikan Flash Player ke dalam peramban. Mekanisme pembaruan otomatis Chrome memastikan pengaya Flash Player tidak pernah kedaluwarsa dan selalu menerima perbaikan dan tambalan keamanan terbaru.

Ekstensi Peramban

Agar sakti mandraguna

Ekstensi peramban memungkinkan Anda menambahkan fitur baru ke peramban — kasarnya menambah 'kesaktian' peramban Anda.

Hal ini berarti Anda dapat mengubahsuaikan peramban dengan fitur yang paling penting. Anggap saja ekstensi seperti cara menambah kesaktian baru pada fungsi-fungsi yang sudah dapat dilakukan peramban.

Kesaktian tersebut mungkin mandraguna atau sekedarnya, tergantung kebutuhan. Misalnya, Anda memasang ekstensi pengonversi mata uang yang tampil sebagai tombol dekat

bilah alamat peramban Anda. Klik tombol tersebut dan semua harga di laman web yang Anda buka saat ini akan dikonversi ke mata uang yang ditetapkan. Hal ini berguna jika Anda seorang petualang hemat yang merencanakan dan memesan sendiri akomodasi lewat internet selama perjalanan Anda. Ekstensi semacam ini memungkinkan Anda menerapkan jenis fungsi yang sama ke setiap laman web yang dikunjungi.



Ekstensi peramban juga dapat hidup berdikari, di luar laman web. Ekstensi pemberitahu adanya email masuk dapat diaktifkan di bilah alat peramban, diam-diam ekstensi ini akan memeriksa pesan baru di akun email Anda dan memberitahukan Anda jika ada pesan baru. Untuk yang semacam ini, ekstensi selalu berjalan di latar, tak peduli laman web mana yang Anda buka — dan Anda tidak perlu masuk ke email di jendela lain untuk melihat apakah ada pesan baru.

Ketika ekstensi peramban pertama kali diperkenalkan, pengembang sering kali harus mengembangkannya dalam bahasa pemrograman yang tidak biasa atau dalam bahasa pengintegrasian tingkat tinggi seperti C++. Hal ini membutuhkan banyak kerja keras, waktu, dan keahlian. Menambahkan lebih banyak kode ke peramban juga menimbulkan permasalahan keamanan, karena sama saja dengan memberi lebih banyak peluang bagi penyerang untuk mengeksploitasi peramban. Ekstensi juga dikenal sebagai penyebab kerusakan peramban karena terkadang kode sulit dipahami khalayak.

Sekarang, sebagian besar peramban mengizinkan pengembang membuat ekstensi dalam bahasa pemrograman dasar dan bersahabat: HTML, JavaScript, dan CSS. Bahasa tersebut adalah bahasa yang sama yang digunakan untuk membuat sebagian besar laman web dan aplikasi web modern, sehingga ekstensi yang ada sekarang ramah untuk laman dan aplikasi web tempat ekstensi bekerja. Ekstensi semacam ini dapat dibuat dengan lebih cepat, lebih mudah, lebih aman, dan semakin lebih baik lagi seiring waktu apalagi bila standar web diterapkan dalam pembuatannya.



Untuk mengetahui ekstensi baru, lihatlah galeri ekstensi peramban yang dipakai. Anda akan melihat ribuan ekstensi yang berfungsi menjadikan proses perambanan lebih efisien atau sekedar untuk bersenang-senang — mulai dari ekstensi yang memungkinkan Anda menyorot teks dan mencorat-coret catatan di laman web sewaktu melakukan penelitian, hingga ekstensi yang menampilkan skor pertandingan menegangkan di antarmuka peramban Anda.

Penyinkronan Peramban

Laptop kelindas truk lagi? Santai aja!

Jadi sekarang Anda sudah berada di “awan”? Selamat! Anda sudah menggunakan aplikasi web untuk mengirim email, mendengar musik, dan sebagainya. Anda menyimpan dokumen, foto, dan berkas penting di dunia maya, yang dapat Anda jangkau dari komputer manapun

yang tersambung ke Internet, di manapun Anda berada di dunia.

Jika truk tronton meraung di jalan dan melindas laptop Anda menjadi berkeping-keping, tidak satupun data akan hilang. Anda cukup mencari perangkat lain yang tersambung ke



Internet dan kembali bekerja seperti biasa dengan semua informasi penting tersebut, karena Anda cerdas dengan menyimpannya di lokasi maya.

Tetapi tunggu dulu: Bagaimana dengan semua bookmark, ekstensi peramban, dan preferensi peramban yang Anda gunakan setiap hari? Apakah semua itu hancur terlupakan bersama laptop Anda?

Dulu, jawabannya adalah “ya”. Anda harus mengumpulkan ulang pelbagai ekstensi favorit sekali lagi dan juga semua situs web yang telah Anda bookmark dengan susah payah. Tapi kini hal itu tidak lagi berlaku! Banyak peramban masa kini, seperti Firefox dan Chrome, sudah mulai dilengkapi dengan fitur yang dikenal dengan nama sinkronisasi (disingkat “sync”). Sinkronisasi memungkinkan Anda menyimpan setelan peramban secara daring, di awan,

sehingga semua setelan tersebut tetap ada meskipun komputer Anda telah hancur lebur.

Fungsi sinkronisasi juga memudahkan hidup jika Anda menggunakan beberapa komputer, misalnya: laptop di kantor dan komputer desktop keluarga di rumah. Anda tidak perlu mem-bookmark ulang situs web favorit Anda satu per satu atau mengonfigurasi ulang setelan peramban di setiap komputer yang Anda miliki. Setiap perubahan yang Anda buat pada peramban yang memungkinkan sinkronisasi akan tersinkron otomatis dalam hitungan detik di komputer lain yang juga diaktifkan fungsi sinkronisasinya.

Di Chrome misalnya, sinkronisasi menyimpan semua bookmark, ekstensi, preferensi, dan tema di Akun Google Anda. Gunakan komputer lain yang tersambung ke Internet dan yang perlu Anda lakukan adalah

Kuki Peramban

Tinggal Kenangan

Kuki mungkin nama yang tidak umum untuk teknologi, tetapi kuki berperan penting dalam menyediakan fungsi yang mungkin diinginkan pengguna Internet dari situs web: memori kunjungan sebelumnya atau yang sedang dilakukan.

Kuki adalah sekelumit teks yang dikirim ke peramban Anda oleh situs web yang Anda kunjungi. Kuki berisi informasi tentang kunjungan yang mungkin Anda inginkan agar situs mengingatnya, seperti bahasa pilihan Anda dan beragam setelan lainnya. Peramban menyimpan data ini dan mengeluarkannya saat

Anda menengok kembali situs tersebut. Ini memudahkan kunjungan, karena Anda tak perlu repot-repot menyetel kembali agar lebih sesuai dengan selera Anda. Misalnya, jika Anda mengunjungi situs web film dan menunjukkan ketertarikan terhadap film komedi, kuki yang dikirim oleh situs web dapat mengingatnya sehingga Anda biasanya



akan melihat film komedi ditampilkan di awal kunjungan Anda berikutnya.

Troli belanja daring juga menggunakan kuki. Sewaktu Anda melongok DVD pada situs belanja film tersebut, misalnya, Anda dapat melihat bahwa Anda dapat menambahkan DVD ke troli belanja tanpa harus masuk. Troli belanja Anda tidak “melupakan” DVD tersebut, bahkan saat Anda beralih dari satu laman ke laman lain di situs belanja tersebut, karena DVD tersebut disimpan melalui kuki peramban. Kuki juga dapat digunakan dalam periklanan daring untuk mengingat minat Anda dan menampilkan iklan yang relevan saat yang Anda berselancar di web.

Beberapa pengguna memilih untuk tidak mengizinkan kuki, karena itu sebagian besar peramban modern memberikan kemampuan kepada Anda untuk mengelola kuki sesuai

dengan selera Anda. Anda bebas menetapkan aturan untuk mengelola kuki berdasarkan situs, otomatis Anda memegang sebagian besar kendali atas privasi. Anda dapat memilih situs yang dipercayai dan mengizinkan kuki hanya untuk situs tersebut, serta mencekal kuki dari yang lain. Karena ada berbagai jenis kuki — antara lain, “kuki khusus-sesi” yang bertahan hanya selama sesi perambanan tertentu, dan kuki permanen yang bertahan selama beberapa sesi — peramban modern biasanya menyediakan pengendali kuki yang amat baik, sehingga Anda dapat menentukan preferensi untuk jenis kuki yang berbeda, seperti menyetujui kuki permanen sebagai khusus-sesi.

Di peramban Google Chrome, Anda akan melihat sedikit tambahan di menu Opsi: tautan langsung ke pengelola setelan penyimpanan Adobe Flash Player. Tautan ini memudahkan Anda mengontrol data lokal yang disimpan

Peramban dan Privasi

Opsi perlindungan terhadap privasi Anda di peramban

Keamanan dan privasi berkaitan erat, tetapi tidak sama.

Perhatikan keamanan dan privasi di rumah Anda: kunci dan alarm pintu membantu melindungi Anda dari pencuri, tetapi tirai dan

kerai menjaga privasi kehidupan rumah Anda dari orang yang lalu lalang.

Dengan cara yang sama, keamanan peramban membantu melindungi Anda dari perangkat lunak jahat (malware), phishing, dan



serangan daring lainnya, sementara fitur privasi membantu menjaga privasi kegiatan perambanan Anda di komputer.

Mari kita lihat privasi dengan lebih dekat. Berikut sebuah analogi: Misalnya Anda seorang pelari yang gemar berlari beberapa mil setiap hari. Jika Anda membawa perangkat GPS untuk melacak kegiatan lari Anda, akan ada buku harian tentang data kegiatan lari Anda di perangkat — data historis tentang lokasi Anda berlari, sejauh mana Anda berlari, kecepatan rata-rata Anda, dan jumlah kalori yang Anda bakar.

Ketika merambani web, buku harian serupa tentang data peramban akan tercipta dan disimpan secara lokal di komputer Anda: riwayat tentang situs yang Anda kunjungi, kuki yang dikirim ke peramban Anda, dan berkas

yang Anda unduh. Jika Anda telah meminta peramban untuk mengingat sandi atau data formulir, semua itu juga disimpan di komputer Anda.

Beberapa dari kita mungkin tidak menyadari bahwa kita dapat menghapus semua data peramban ini dari komputer kita setiap saat. Hal ini mudah dilakukan melalui menu Opsi dan Preferensi peramban. Menu tersebut berbeda di setiap peramban. Kenyataannya, versi terkini sebagian besar peramban modern juga menawarkan modus “pribadi” atau “penyamaran”. Misalnya, dalam modus penyamaran Chrome, laman web mana pun yang Anda lihat tidak akan muncul di riwayat perambanan Anda.



Selain itu, semua kuki baru dihapus setelah semua jendela penyamaran yang Anda buka ditutup. Hal ini berguna terutama jika Anda memakai komputer bersama orang lain atau jika Anda menggunakan komputer publik di perpustakaan setempat atau warnet.

Semua fitur privasi di peramban memberikan Anda kendali atas perambanan data secara lokal di komputer Anda atau data tertentu yang dikirim oleh peramban Anda ke situs web. Setelan privasi peramban Anda tidak mengontrol data lain yang mungkin dimiliki situs web tersebut tentang Anda, seperti informasi yang sebelumnya Anda kirim ke situs web.

Ada cara untuk membatasi seberapa banyak informasi yang diterima situs web sewaktu Anda mengunjunginya. Banyak peramban memungkinkan Anda mengontrol preferensi privasi tiap situs dan menetapkan pilihan Anda atas data tertentu seperti kuki, JavaScript, dan

pengaya. Misalnya, Anda dapat menyiapkan aturan untuk mengizinkan kuki hanya untuk daftar situs tertentu yang tepercaya dan memerintahkan peramban untuk mencekal kuki dari situs lainnya.



Selalu ada sedikit 'gesekan' antara privasi dan efisiensi. Mengumpulkan data gabungan dunia nyata dan umpan balik dari pengguna dapat benar-benar membantu meningkatkan produk dan pengalaman pengguna. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan yang baik di antara keduanya sembari menegakkan standar privasi yang kuat.

Berikut contoh dari dunia nyata: kuki peramban. Di satu sisi, dengan kuki, situs web yang sering Anda kunjungi dapat mengingat isi troli belanja Anda, membuat Anda tetap masuk di sistem, dan memberikan lebih banyak pengalaman yang berguna dan sesuai selera

Anda berdasarkan kunjungan Anda sebelumnya. Di sisi lain, mengizinkan kuki peramban berarti bahwa situs web mengumpulkan dan mengingat informasi tentang kunjungan sebelumnya tersebut. Jika mau, Anda bebas mencekal kuki kapan saja. Jadi apabila suatu waktu Anda penasaran tentang cara menyesuaikan setelan privasi peramban, lihatlah setelan privasi di menu Opsi atau Preferensi peramban Anda.

Risiko Perangkat Lunak Jahat, Phishing, dan Keamanan

Hati-hati dengan serigala berbulu domba

Sewaktu Anda menggunakan ATM di mall, Anda mungkin menengok kanan-kiri untuk memastikan tidak ada seorang pun mengintai di sekitar untuk mencuri nomor PIN (atau uang tunai) Anda. Atau bahkan, Anda mungkin memeriksa dulu apakah mesin ATM tersebut benar mesin ATM Anda. Sewaktu merambani web dan melakukan transaksi secara daring, dua risiko keamanan yang patut diwaspadai adalah perangkat lunak jahat dan aktivitas phishing. Serangan tersebut dilakukan oleh individual atau organisasi yang berharap mencuri informasi pribadi Anda atau membajak komputer Anda.



Apa sebenarnya serangan phishing dan perangkat lunak jahat itu?

Phishing terjadi saat seseorang menyamar sebagai orang lain, sering kali dengan situs web palsu, untuk menipu Anda agar berbagi informasi pribadi. (Ini disebut “phishing” (memancing) karena penjahat melemparkan umpan elektronik dan menunggu hingga seseorang menggigitnya.) Pada scam phishing biasa, penyerang mengirimkan email yang seolah-olah berasal dari bank atau layanan web yang biasa Anda gunakan. Baris subjek dapat berisi “Harap perbarui informasi Anda di bank!” Email tersebut akan berisi tautan phishing yang seolah-olah mengarah ke situs web Anda, tetapi sebenarnya mengarahkan Anda ke situs web penipu. Di sana, Anda diminta untuk masuk dan tanpa sengaja menyingkapkan nomor rekening bank, nomor kartu kredit, sandi, atau informasi sensitif lainnya kepada penjahat.

Di lain sisi, perangkat lunak jahat adalah perangkat lunak berbahaya yang dipasang di mesin Anda, biasanya tanpa sepengetahuan Anda. Anda mungkin diminta untuk mengunduh perangkat lunak anti-virus yang sebenarnya adalah virus itu sendiri. Atau Anda mungkin mengunjungi laman yang memasang perangkat lunak ke komputer Anda tanpa bertanya-tanya dahulu. Perangkat lunak tersebut sebenarnya dirancang untuk mencuri nomor kartu kredit atau sandi dari komputer Anda, atau tidak jarang malah merusak komputer Anda. Sekali perangkat lunak bercokol di komputer Anda, bukan hanya sulit dihilangkan, tetapi perangkat ini juga bebas



mengakses semua data dan berkas yang ditemukannya, mengirim informasi ke tempat lain, dan biasanya meluluhlantakkan komputer Anda.

Peramban web terbaru dan modern adalah garis depan pertahanan dalam melawan serangan phishing dan perangkat lunak jahat. Sebagian besar peramban modern, misalnya, dapat membantu menganalisis laman web untuk melihat tanda-tanda perangkat lunak jahat yang mengintai, kemudian memperingatkan Anda bila peramban menemukannya.

Di waktu yang sama, penyerang mungkin tidak menggunakan keahlian teknis yang canggih untuk membajak komputer Anda, tetapi dapat menemukan cara licik untuk mengelabui Anda agar mengambil keputusan yang salah. Pada beberapa bab berikutnya, kita

akan menelaah bagaimana Anda dapat mengambil keputusan yang lebih bijak untuk melindungi diri Anda sewaktu tersambung ke Internet -- dan bagaimana peramban dan teknologi web lainnya dapat membantu.

Bagaimana Peramban Modern Melindungi Anda dari Perangkat Lunak Hasad dan Phishing

Hati-hati terhadap pencoleng!

Peramban terbaru melindungi Anda dari serangan phishing dan perangkat lunak jahat sewaktu Anda merambani web. Peramban melakukannya dengan membatasi tiga jenis risiko keamanan sewaktu Anda tersambung ke Internet:

Risiko 1: Seberapa sering Anda bertemu dengan penyerang

Penyerang dapat menyingkap informasi Anda melalui situs web palsu nan berbahaya atau bahkan melalui situs web yang biasa Anda kunjungi yang telah dia retas. Sebagian besar peramban modern melakukan pra-pemeriksaan



pada setiap laman web yang dikunjungi dan memperingatkan Anda jika laman diduga berbahaya. Hal ini memungkinkan Anda membuat penilaian yang tepat tentang apakah Anda benar-benar ingin mengunjungi laman tersebut.

Sebagai contoh, Google Chrome menggunakan teknologi Perambanan Aman, yang juga digunakan dalam beberapa peramban modern. Sewaktu Anda meramban web, dalam sekejap setiap laman dicek silang terhadap daftar situs web yang diduga merupakan phishing dan perangkat lunak jahat. Daftar ini disimpan dan dikelola secara lokal di komputer untuk melindungi privasi perambanan Anda. Jika ditemukan kecocokan dengan daftar lokal, peramban selanjutnya mengirim permintaan ke Google untuk mendapatkan informasi selengkapnya. (Permintaan ini sepenuhnya disandikan dan peramban tidak mengirimnya dalam bentuk teks biasa.) Jika hasil dari Google

cocok dengan daftar tersebut, Chrome akan menampilkan laman peringatan berwarna merah untuk memperingatkan Anda bahwa laman yang ingin dikunjungi mungkin berbahaya.

Risiko 2: Seberapa rentan peramban Anda jika diserang

Peramban lama yang belum ditingkatkan versinya cenderung memiliki kerentanan keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh para penyerang. Semua perangkat lunak yang usang, entah itu sistem operasi, peramban, atau pengaya, memiliki masalah yang sama. Karena itulah, penting sekali Anda menggunakan peramban versi yang paling baru dan segera memasang tambalan keamanan pada sistem operasi dan semua pengaya, sehingga semuanya selalu mutakhir dengan perbaikan keamanan terkini.

Beberapa peramban memeriksa pembaruan secara otomatis dan memasangnya ketika



dijalankan oleh pengguna. Chrome dan beberapa peramban lain satu langkah lebih maju: peramban tersebut dikonstruksi dengan pembaruan otomatis. Peramban menjalankan pemeriksaan berkala untuk mengecek pemutakhiran dan secara otomatis memperbarui ke versi terbaru tanpa mengganggu kinerja perambanan Anda. Lebih lanjut, Chrome telah mengintegrasikan Adobe Flash Player dan penyaji PDF pada peramban, sehingga kedua pengaya populer tersebut juga diperbarui secara otomatis.

Risiko 3: Seberapa parah kerusakan yang timbul jika penyerang menemukan kelemahan pada peramban Anda

Beberapa peramban modern seperti Chrome dan Internet Explorer dibuat dengan dan ditambahkan lapisan pelindung yang dikenal dengan “kotak pasir”. Seperti halnya kotak pasir sungguhan yang memiliki dinding untuk

menjaga agar pasir tidak berceceran ke luar, kotak pasir peramban menciptakan lingkungan yang terkendali untuk menjaga agar perangkat lunak jahat dan ancaman keamanan lainnya tidak menjangkiti komputer Anda. Jika Anda membuka laman web berbahaya, kotak pasir peramban mencegah kode berbahaya tersebut keluar dari peramban dan memasang sendiri di diska keras Anda. Oleh karena itu, kode berbahaya tidak dapat membaca, mengubah,

Menggunakan Alamat Web agar Tetap Aman

Panggil saja saya: URL

Uniform Resource Locator (Pelokasi Sumber Daya Seragam) — lebih dikenal sebagai URL — mungkin terdengar teknis.

Namun jangan khawatir: ini hanyalah alamat web yang Anda ketik di peramban untuk membuka laman web atau aplikasi web tertentu.



Saat Anda memasukkan URL, situs web diambil dari server penginangannya di suatu tempat di dunia, dibawa melalui bermil-mil kabel ke sambungan Internet lokal Anda dan akhirnya ditampilkan oleh peramban di komputer Anda. Berikut beberapa contoh URL:

...untuk membuka situs berita British Broadcasting Corporation (“.co.uk” mengindikasikan registrasi domain Inggris)

...untuk membuka mesin telusur Google

...untuk membuka situs web Museo Nacional Del Prado, museum seni berbasis di Madrid. (“.es” mengindikasikan registrasi domain Spanyol)

...untuk membuka situs daring Bank of America (“https://” mengindikasikan sambungan terenkripsi)



URL mudah dikenali, karena kita mengetiknya di peramban setiap hari. Dengan memahami bagian-bagian URL, Anda dapat melindungi diri dari serangan keamanan atau scam phishing.

Mari kita lihat apa yang ada di dalam URL pada contoh berikut:

http://www.google.com/maps skema nama inang jalur domain tingkat tertinggi

Bagian pertama dari URL disebut skema. Pada contoh di atas, HTTP adalah skema dan singkatan dari HyperText Transfer Protocol.

Berikutnya, “www.google.com” adalah nama inang tempat situs web berada. Saat seseorang atau perusahaan membuat situs web baru, mereka mendaftarkan nama inang. Hanya mereka yang dapat menggunakannya. Hal ini penting, karena sebab yang akan dijelaskan sebentar lagi.

URL mungkin memiliki jalur tambahan setelah nama inang yang mengarahkan Anda ke laman tertentu di inang tersebut — seperti membuka ke bab atau halaman buku tertentu. Kembali ke contoh, jalur memberitahukan server inang bahwa Anda ingin melihat aplikasi web peta di www.google.com. (Dengan kata lain, Google Maps.) Terkadang jalur tersebut dipindahkan ke depan nama inang sebagai subdomain seperti “maps.google.com”, atau “news.google.com” untuk Google Warta.



Sekarang mari kita bicarakan keamanan. Satu cara untuk memastikan apakah Anda berselancar dalam scam phishing atau situs web palsu adalah dengan memerhatikan secara saksama URL di bilah alamat peramban. Perhatikan baik-baik nama inang — ingat, hanya pemilik sah dari nama inang tersebut yang dapat menggunakannya.

Misalnya, jika Anda mengeklik sebuah tautan dan berharap akan muncul situs web Bank of America:

SAH:

  • www.bankofamerica.com adalah URL yang sah, karena nama inangnya benar.
  • www.bankofamerica.com/smallbusiness juga merupakan URL yang sah karena nama inangnya benar. Jalur URL mengarah ke sublaman mengenai usaha kecil.

MENCURIGAKAN:

  • bankofamerica.xyz.com bukanlah situs Bank of America, melainkan subdomain “bankofamerica” dari situs xyz.com.
  • www.xyz.com/bankofamerica juga bukan situs Bank of America, melainkan jalur "bankofamerica" dalam situs www.xyz.com.

Jika Anda menggunakan situs web bank atau melakukan transaksi daring dengan menyediakan informasi sensitif seperti sandi atau nomor rekening, periksa bilah alamat terlebih dulu! Pastikan bahwa skemanya adalah “https://” dan terdapat ikon gembok di bilah alamat peramban Anda. “https://” mengindikasikan bahwa data sedang dikirim bolak-balik antara server dan peramban menggunakan sambungan aman.



Melalui sambungan aman, URL lengkap situs web Bank of America akan terlihat seperti ini: https://www.bankofamerica.com. Sambungan aman memastikan bahwa tidak ada orang lain yang menyadap atau mengganggu informasi sensitif yang Anda kirim. Jadi “https://” merupakan pertanda bagus. Jangan lupa tetap waspada dengan memastikan bahwa Anda benar-benar sedang berhubungan dengan situs web yang sah dengan memeriksa nama inang URL. (Dengan demikian, tujuan untuk mengarahkan sambungan aman ke situs web palsu akan digagalkan!)

Di bab berikutnya, kita akan melihat bagaimana URL yang diketik di bilah alamat peramban membawa Anda ke laman web yang tepat.

Alamat IP dan DNS

Kotak telepon fana

Apakah Anda ingin mengetahui bagaimana peramban menemukan laman web yang tepat ketika Anda mengetikkan URL ke bilah alamat di peramban?

Setiap URL (misalnya, “www.google.com”)

memiliki alamat Protokol Internet atau IP sendiri. Alamat IP terlihat seperti berikut ini:

74.125.19.147

Alamat IP adalah rangkaian angka yang memberitahukan kita lokasi perangkat tertentu



di jaringan Internet, baik itu server google.com server atau komputer Anda. Alamat IP hampir mirip dengan nomor telepon Ibu: seperti halnya nomor telepon memberitahukan operator ke rumah mana panggilan harus dirutekan sehingga panggilan menjangkau Ibu Anda, alamat IP memberitahukan komputer perangkat lain mana di Internet yang harus berkomunikasi dengannya — untuk mengirimkan data ke atau mengambil data dari.

Peramban Anda tidak otomatis mengenali semua alamat IP untuk 35 miliar perangkat (atau lebih) yang tersambung ke Internet di seluruh dunia. Peramban harus mengkaji satu per satu, menggunakan apa yang disebut Sistem Nama Domain (Domain Name System - DNS). Pada dasarnya ini merupakan “buku telepon” web: apabila buku telepon menerjemahkan nama seperti “Acme Pizza” menjadi nomor telepon yang tepat untuk ditelepon, DNS menerjemahkan URL atau alamat web (seperti “www.google.com”) menjadi alamat IP yang tepat untuk dihubungi (seperti “74.125.19.147”) untuk mendapatkan informasi yang Anda inginkan (untuk contoh ini, beranda Google).

Jadi bila Anda mengetik “google.com” di peramban web, peramban mencari alamat IP google.com melalui DNS dan menghubunginya, menunggu respons untuk mengonfirmasikan sambungan, kemudian mengirimkan permintaan laman web google.com ke alamat IP tersebut. Server Google di alamat IP tersebut kemudian mengirimkan kembali laman web yang diminta ke alamat IP komputer Anda untuk ditampilkan peramban.



Mengambil dan memuat laman web di peramban tidak jauh bedanya dengan melakukan panggilan telepon. Saat Anda melakukan panggilan telepon, Anda mungkin mencari nomor, memutarnya, menunggu seseorang mengangkat telepon, mengatakan “halo”, dan menunggu respons sebelum Anda memulai percakapan. Terkadang Anda harus memutar nomor kembali jika terjadi masalah pada sambungan. Di web, proses yang sama terjadi dengan sangat cepat; semua yang Anda lihat adalah Anda mengetik “www.google.com” di peramban dan laman beranda Google muncul.

Di bab berikutnya, kita akan melihat pada bagaimana kita dapat memverifikasikan identitas situs web yang kita ambil dan muat di peramban melalui sertifikat validasi tambahan.

Memvalidasi Identitas secara Daring

Pak Budi kan, ya?

Di dunia nyata, Anda dapat melihat orang yang berbagi informasi dengan Anda. Anda berbicara dengan mereka sambil bertatap muka atau menemui mereka di tempat tepercaya seperti kantor cabang bank. Begitulah cara Anda menilai sebelum mempercayai mereka.

Namun di dunia daring, sulit untuk mengetahui siapa yang ada di balik setiap

situs web. Tanda-tanda visual yang biasanya kita percayai bisa saja palsu. Misalnya, laman web palsu dapat menyalin logo, ikon, dan desain situs web bank Anda — seakan-akan mereka telah memajang etalase palsu di sekitar tempat Anda berjualan.

Untunglah, ada alat-alat yang dapat membantu Anda untuk memastikan apakah sebuah situs web asli atau palsu.



Beberapa situs memiliki sertifikat validasi tambahan yang memungkinkan Anda memastikan nama organisasi yang menjalankan situs web tersebut. Sertifikat validasi tambahan menyediakan informasi yang Anda butuhkan untuk memastikan bahwa Anda tidak memercayakan informasi Anda kepada situs web palsu.

Berikut contoh aksi validasi tambahan di peramban. Di situs web bank yang telah diverifikasi melalui validasi tambahan, nama bank ditampilkan di kotak hijau di antara ikon gembok dan alamat web di bilah alamat:

Contoh indikator validasi tambahan di Chrome

Indikator validasi tambahan di sebagian besar peramban dapat ditemukan dengan mencari nama organisasi di bagian hijau pada bilah alamat peramban. Anda juga dapat mengeklik indikator tersebut untuk melihat informasi keamanan situs web dan memeriksa sertifikat digitalnya.



Untuk mendapatkan sertifikat validasi tambahan, pemilik situs web harus melalui serangkaian pemeriksaan yang membenarkan identitas dan otoritas resmi mereka. Pada contoh sebelumnya, validasi tambahan di bankofamerica.com memverifikasikan bahwa ya, situs web tersebut berasal dari Bank of America yang sebenarnya. Anda dapat menganggap sertifikat ini sebagai sesuatu yang mengaitkan nama domain dari alamat web dengan identitas sungguhan di dunia nyata.

Akan lebih bijaksana bila Anda berbagi informasi sensitif dengan situs web hanya jika Anda memercayai organisasi yang bertanggung jawab atas situs tersebut. Jadi, lain kali jika Anda ingin melakukan transaksi sensitif, luangkan waktu sejenak untuk melihat informasi keamanan situs tersebut. Paling tidak Anda akan tenteram mengetahui semuanya aman.

Evolusi Menuju Web yang Cepat

Memacu laju gambar, video, dan JavaScript di web

Web saat ini merupakan paduan mengagumkan antara segi visual dan interaktif, dipenuhi dengan gambar, foto, video, dan aplikasi web canggih. Beberapa pengalaman

web yang paling nyata berasal dari gambar dan video, dari album foto bersama tentang liburan keluarga hingga liputan video dari jurnalis di zona perang.



Ini sungguh berbeda dari teks dan tautan sederhana yang kita kenal di awal. Dan ini berarti bahwa setiap kali peramban Anda memuat laman web, semakin banyak data dan kode rumit yang harus diproses.

Seberapa banyak dan seberapa rumit lagi? Berikut sedikit statistik yang menakjubkan:

  • Kini 65% informasi di web biasa terdiri atas gambar dan foto, dihitung dalam bita per laman.
  • Video sepanjang 35 jam diunggah ke YouTube setiap menit setiap hari. (Itu sama artinya dengan Hollywood meluncurkan 130.000 film baru berdurasi lengkap setiap minggu, tapi mungkin jagung berondong yang dikonsumsi jadi lebih sedikit.)
  • Program JavaScript telah berkembang dari sekedar beberapa baris pemanis hingga beberapa ratus kilobita kode sumber yang harus diproses setiap kali laman atau aplikasi web dimuat.

Jadi apakah semua luapan data tak terkendali seperti ini akan memperlambat pemuatan data di peramban? Akankah Internet tersumbat dan berubah menjadi gumpalan kental?

Mungkin tidak. Ingat, gambar dan foto menjadi sesuatu yang umum di web, saat ilmuwan komputer menemukan cara untuk mengompresinya menjadi berkas yang lebih kecil yang dapat dikirim dan diunduh dengan lebih mudah. GIF dan JPEG merupakan format yang paling populer dari berbagai sistem kompresi berkas awal. Sementara itu, pengaya diciptakan untuk mengatasi keterbatasan awal pada HTML sehingga video dapat disematkan dan diputar di laman web.



Jika kita menatap ke depan, tag <video> di HTML5 memudahkan video disematkan dan diputar di laman web. Google juga bekerja sama dengan komunitas web di WebM, sebuah prakarsa untuk membangun format video sumber terbuka gratis yang menyesuaikan dengan kekuatan komputasi dan kondisi pita lebar di web, sehingga video berkualitas dapat ditampilkan di komputer di rumah petani di Nebraska atau di ponsel cerdas di Nairobi.

Sementara itu, memang benar bahwa laman web dengan banyak foto besar atau gambar lainnya masih bisa sangat lambat dimuat. Karena itulah, beberapa teknisi di Google telah bereksperimen dengan cara-cara baru untuk mengompresi gambar lebih lanjut sekaligus mempertahankan kualitas dan resolusi gambar yang sama. Hasil awalnya? Sangat menjanjikan. Mereka telah menghasilkan format gambar baru bernama WebP yang

memotong ukuran berkas gambar rata-rata sekitar 39%.

Mesin yang menjalankan kode JavaScript di peramban web modern juga telah dirancang ulang untuk memproses kode lebih cepat dari pendahulunya. Mesin tersebut, seperti Google Chrome V8, kini merupakan bagian inti dari peramban web modern. Hal itu berarti aplikasi web berbasis JavaScript generasi berikutnya yang luar biasa berguna tidak akan terganggu oleh kerumitan kode JavaScript.

Teknik lain yang digunakan peramban modern seperti Chrome untuk mengambil dan memuat laman web dengan lebih cepat disebut “pra-resolusi DNS”. Proses penerjemahan alamat web menjadi alamat IP melalui pemeta DNS, atau sebaliknya, sering disebut “penyelesaian”. Dengan menerapkan pra-resolusi DNS, Chrome secara bersamaan akan



mencari semua tautan lainnya di laman web dan sebelumnya menyelesaikan tautan tersebut menjadi alamat IP di latar. Jadi bila Anda sebenarnya mengeklik salah satu tautan di laman, peramban siap untuk langsung mengarahkan Anda ke laman baru. Dari waktu ke waktu, Chrome juga belajar dari kunjungan sebelumnya sehingga di lain waktu Anda membuka laman web yang sebelumnya Anda kunjungi, Chrome tahu untuk sebelumnya telah menyelesaikan secara otomatis semua tautan dan elemen yang relevan di laman web.

Suatu hari nanti, peramban mungkin dapat menebak, sebelum laman dimuat, tidak hanya tautan yang harus diselesaikan sebelumnya, tetapi juga elemen situs web (seperti gambar atau video) untuk diambil sebelumnya. Hal itu akan membuat web semakin lebih cepat.

Sebentar lagi, harapan kami, pemuatan laman baru di peramban akan secepat membalikkan halaman buku bergambar.

Peramban dan Sumber Terbuka

Mengikuti suri teladan para pendahulu

Internet masa kini ada berkat suri teladan para pendahulu: pakar teknologi, pemikir, pengembang, dan organisasi yang terus memperluas batas inovasi dan berbagi hal-hal yang telah mereka pelajari.

Semangat berbagi ini berada di jantung hati

perangkat lunak sumber terbuka. “Sumber terbuka” berarti bahwa fungsi bagian dalam (atau “kode sumber”) dari perangkat lunak tersedia untuk semua pihak dan perangkat lunak dibuat dengan cara terbuka dan kolaboratif. Siapa saja dapat melihat kode sumber, cara



kerjanya, mengubahsuaikannya atau menambahkan sesuatu, lalu menggunakannya kembali di produk atau layanan lain.

Perangkat lunak sumber terbuka memainkan peranan penting di berbagai bagian web, termasuk peramban web masa kini. Peluncuran peramban sumber terbuka Mozilla Firefox membuka jalan bagi berbagai inovasi peramban baru yang menarik. Google Chrome dibuat dengan, antara lain, beberapa komponen dari Mozilla Firefox dan mesin pengurai tampilan sumber terbuka WebKit. Dengan semangat yang sama, kode untuk Chrome dibuat menjadi sumber terbuka sehingga komunitas web global dapat menggunakan inovasi Chrome pada produk mereka atau bahkan menyempurnakan kode sumber Chrome yang asli.

Pengembang web dan pengguna sehari-hari bukanlah satu-satunya pihak yang memperoleh keuntungan dari peramban sumber terbuka yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman. Perusahaan seperti Google juga memperoleh keuntungan dari berbagi gagasan secara terbuka. Peramban yang lebih baik berarti pengalaman web yang lebih baik bagi semua orang dan yang membuat pengguna yang meramban web menjadi lebih senang lagi. Peramban yang lebih baik juga memungkinkan perusahaan membuat aplikasi web dengan fitur terdepan dan juga yang membuat pengguna senang.

Peramban bukan satu-satunya bagian web yang dapat menerapkan pendekatan sumber terbuka. Ajak kelompok pengembang web manapun berdiskusi dan Anda akan mendapati bahwa mereka menggunakan Server HTTP

19 Topik Telah Berlalu

Seharian di awan

...dan sampailah kita pada Topik ke-20. Mari kita ringkas apa saja yang baru dipelajari.

Web yang ada saat ini adalah tempat penuh warna, visual, praktis, gila, sibuk, bersahabat, menyenangkan, dan sangat berguna. Banyak di antara kita menjalani kehidupan pada komputasi awan di Internet: kita membaca berita, menonton film, ngobrol dengan teman, dan melakukan tugas harian kita secara daring di aplikasi berbasis web langsung di peramban. Aplikasi web memungkinkan kita melakukannya dari

manapun di seluruh penjuru dunia, bahkan jika kita meninggalkan laptop di rumah.

Semua itu dapat dilakukan berkat evolusi standar web seperti HTML, JavaScript, dan CSS, serta pengaya peramban. Kemampuan baru di HTML5 membantu pengembang menciptakan aplikasi web generasi berikutnya yang benar-benar kreatif.



Apa lagi yang mulai terwujud di awan?

kuki.

Anda juga akan lebih aman di web bila Anda memperhatikan tanda-tanda visual di peramban, seperti memeriksa URL yang Anda kirimkan dan melihat sambungan aman atau validasi tambahan “https://”.

Intinya?

Pertama-tama, gunakan peramban modern. Atau coba peramban baru dan lihat apakah peramban ini membuat perambanan lebih menyenangkan dan lebih memenuhi kebutuhan Anda.

Web akan terus berkembang — secara dramatis! Dukung teknologi web terbaru seperti HTML5, CSS3, dan WebGL, karena teknologi tersebut membantu komunitas web membayangkan dan menciptakan masa depan